Selasa, 23 Agustus 2016

11 Cara Menemukan Ide Menulis Cerpen

Tags

11 Cara Menemukan Ide Menulis Cerpen

Saya ingin bicara sebentar mengenai hebatnya industri tulis menulis. Kok bisa hebat? Tentu. Pengalaman telah menulis 3 buku, industri tulis menulis bisa sangat menguntungkan baik bagi penulis sendiri ataupun pihak penerbit. Belum lagi di internet. Adanya ebook yang dijual di Google Play Book yang sudah tidak asing lagi. Bahkan kita bisa membelinya dengan pulsa.

Lalu untuk apa saya beberkan ini? Begini, semakin banyaknya penulis, berarti semakin banyak pula karya yang hebat akan muncul. Semakin banyaknya penulis, berarti banyak ide dan kreatifitas bisa diamati, ditiru dan dimodifikasi. Percuma kan jika seorang penulis best seller hanya dirinya seorang tanpa ada penulis lain yang mengikuti jejaknya. Sehingga adanya penulis-penulis baru adalah cara penulis yang berpengalaman untuk terus belajar dan berkarya.

Masalahnya, tidak semua dari kita, mudah menemukan ide untuk menulis. Lalu dimana bisa mendapatkan ide dari menulis? Berikut 11 cara menemukan ide menulis cerpen.

Membaca Komik

11 Cara Menemukan Ide Menulis Cerpen

Jepang adalah salah satu dari negara-negara yang sangat produktif dalam menghasilkan karya imajinasi. Terutama komik atau manga. Selain Jepang, ada juga Korea dan China. Ketiga negara itu sangat aktif karena paham bahwa komik telah menjadi industri yang mampu menghidupi orang yang berkontribusi di dalamnya.

Untuk mendapatkan ide dari komik, cukup membaca 1 chapter atau 1 jilid saja. Kemudian analisis jalan ceritanya, karakternya, tujuan dan masalah yang dihadapi karakternya, latar atau tempatnya. Dengan begitu, kamu bisa mendapatkan ide awal untuk menggarap cerpenmu. Bagaimana nanti jalan ceritanya sama? Tidak ada yang benar-benar baru di dunia ini. Semua adalah hasil pengembangan dan modifikasi yang sudah ada. Dengan ide cerita yang sama, tentu hasilnya bisa berbeda.

Menonton Anime

11 Cara Menemukan Ide Menulis Cerpen

Lain komik lain anime. Banyak orang mengatakan sama namun sebenarnya berbeda. Anime bisa merupakan animasi dari komik yang sudah ada, bisa juga animasi dari novel yang ada di Jepang, dan juga animasi dari ide asli tanpa latar komik atau novel sebelumnya. Beberapa contoh anime yang tidak pernah ada komiknya yaitu Code Geass: Lelouch of the Rebellion. Sedangkan anime yang diangkat dari novel salah satunya adalah Sword Art Online.

Sama dengan mencari ide dari komik. Bahkan di anime, kamu bisa lebih dinamis, cepat mendapatkan ide, dibandingkan dengan komik yang butuh waktu untuk menyelesaikannya. Tontonlah satu episode atau jika kurang yakin, tonton hingga selesai. Kamu akan memahami alur cerita, kekuatan dan kelemahan karakter utama, masalah utama yang harus diselesaikan. Banyak penulis baik di Indonesia maupun di luar negeri yang mendapatkan ide setelah menonton anime.

Membaca Novel

11 Cara Menemukan Ide Menulis Cerpen

Sudah menjadi hal yang umum kalau membaca novel bisa mendapatkan inspirasi atau ide untuk menulis cerpen. Ingat, tidak semua bagian novel pasti kamu sukai kan? Ada beberapa bagian saja yang begitu membekas di ingatanmu. Itulah ide awal yang tidak boleh disia-siakan dalam menulis cerpen. Banyak orang menyebutnya fan fiction yaitu orang yang membaca novel tertentu namun memiliki ide untuk menuliskan jalan cerita yang berbeda. Cobalah mengingat kembali atau membaca ulang novel yang pernah kamu baca.

Menonton Film

11 Cara Menemukan Ide Menulis Cerpen

Ya, tidak diragukan lagi film adalah salah satu dari sekian banyak ide cerpen bisa kamu hasilkan. Berbagai film bisa kamu tonton. Hanya saja, perlu untuk melihat film dengan genre yang berbeda. Jika terlalu sering menonton film dengan genre yang sama, cerpen yang akan kita buat tidak terlalu unik nantinya. Cobalah juga menonton film berdurasi singkat atau film pendek. Youtube telah menyediakan berbagai channel dan film pendek dari berbagai negara di dunia. Film pendek biasanya berdurasi sekitar 5 sampai 10 menit. Kamu akan mendapati bahwa film pendek sekalipun memiliki alur cerita yang menarik. Ambillah ide dari film pendek yang kamu tonton. Lalu gabungkan dengan ide dari film yang biasa kamu tonton.

Menonton Drama

11 Cara Menemukan Ide Menulis Cerpen

Drama korea adalah salah satu drama terbaik hingga saat ini yang menghadirkan beragam cerita yang sulit ditebak endingnya. Memang banyak orang menyayangkan menonton drama hanyalah untuk mereka yang selalu suka dengan aktor dan aktrisnya. Padahal jika dilihat baik-baik, beberapa drama memiliki jalan cerita yang sangat menarik hingga siapapun aktor dan aktris yang memerankannya, entah terkenal atau tidak, hasilnya tetaplah tidak mengecewakan. Ide cerpen bisa diambil dari drama ini. Bahkan beberapa drama memang pengembangannya dari cerpen atau cerbung.

Melihat Berbagai Foto

11 Cara Menemukan Ide Menulis Cerpen

Kunjungi Pinterest. Bermainlah Instagram atau Tumblr. Bukalah akun-akun yang selalu menshare berbagai foto menarik seputar pemandangan dunia. Atau tentang mereka yang memamerkan seni gambarnya. Atau hal lain yang bisa kamu temukan di sosial media. Tidak melulu harus berkomentar, memberi like. Melihat berbagai akun dengan foto yang dinamis inilah mengajarkanmu bahwa bisa jadi latar foto itu adalah tempat awal karakter dalam cerpenmu dimulai. Bahkan jika kamu mau, carilah foto tentang alam, lalu kemudian tentang bangunan seperti rumah, gedung pencakar langit, kemudian lanjutkan dengan foto-foto hewan, berbagai foto lainnya yang kamu susun dari sosial media tersebut bisa menjadi jalan cerita kemanakah karaktermu harus dimulai dan diakhiri.

Mencuri Satu Kalimat Pembuka Paragraf

11 Cara Menemukan Ide Menulis Cerpen

Terkesan jahat ya. Tapi kenyataannya memang demikian. Apa yang membuatmu membeli salah satu novel di Gramedia? Karena awal kalimat bab 1 kan? Jika menarik dan mampu mengajakmu untuk menyelesaikan 1 bab tersebut sekaligus, kenapa tidak memakainya untuk mengawali cerpenmu. Banyak penulis menyarankan hal ini sebagai landasan belajar. Tetapi tidak untuk digunakan terus menerus. Pasalnya, kita bisa sangat ketergantungan dari cara ini. Memang bisa menghasilkan ide cerpen menarik nantinya, tapi kita tidak bisa lepas dari bayang-bayang kalimat yang telah kita ambil tersebut. Cobalah saja jika memang sedang buntu ide untuk menulis.

Mendengarkan Curhat Teman

11 Cara Menemukan Ide Menulis Cerpen

Jangan menjadi egois! Itu saran dariku untukmu yang ingin bisa menulis cerpen yang baik. Tidak semua orang mau mendiskusikan cerpen yang kamu buat. Sebaliknya, mereka selalu ingin dirimu mendengarkan kisah mereka. Banyak yang meragukan cara ini karena termasuk dari mengambil hak milik orang lain (rahasia orang lain yang harus kamu jaga). Tapi sebaliknya, dengan mendengar curhat seseorang, kamu bisa menjadikannya ide awal untuk cerpenmu. Nantinya, kamu bisa meminta izin padanya jika cerpenmu sudah jadi. Jika dirinya tidak setuju, maka jangan mengirim, menulis online, cerita yang sudah kamu buat. Cara terbaik adalah dengan menggabungkan beberapa curhat dari orang lain menjadi satu cerita. Karena manusia sebenarnya hanya mampu mengingat 80% saja dari apa yang mereka dengar pertama kali. Karena curhat tidak selalu diulang terus meneruskan? Dan dipastikan ceritamu tentu berbeda dari curhatan temanmu.

Mendengarkan Musik

11 Cara Menemukan Ide Menulis Cerpen

Mirip dengan beberapa cara menemukan ide yang sudah ditulis diatas. Mendengarkan musik mampu membantumu untuk mengangkat atau menurunkan mood. Emosi sangat berkaitan erat dengan menulis. Jika emosimu bahagia, tentu cerpen yang kamu tulis akan banyak mengandung unsur bahagia. Sebaliknya, jika emosimu sedih, tentu cerpen yang kamu tulis akan banyak mengandung unsur kesedihan. Dengarkan berbagai jenis musik untuk membantumu mengatur emosi. Sehingga ide cerpenmu bisa lebih unik karena dalam satu cerita bisa mengandung kedua unsur sekaligus, senang dan sedih.

Jalan-jalan, Traveling, Pergi ke Tempat-tempat Menarik

11 Cara Menemukan Ide Menulis Cerpen

Sudah banyak dilakukan oleh blogger. Mereka yang selalu jalan-jalan tidak akan pernah lupa untuk memotret. Baik menggunakan kamera hape ataupun DSLR. Mereka tidak ingin kehilangan momen atau kesempatan yang jarang ada. Dengan jalan-jalan kemanapun, kamu bisa mengasah ide untuk menulis cerpen. Jangan lupa bawa buku saku ya. Walau bisa cerpenmu kamu tulis melalui laptop yang kamu bawa, tetapi buku saku jauh lebih cepat dan praktis. Ide biasanya begitu liar sehingga jika kita menundanya lebih lama dari 5 menit, ide tersebut akan hilang dengan sendirinya. Cobalah ke pantai, ke musium, ke kota-kota lain di Indonesia dan catat kata atau kalimat apapun yang melintas di kepalamu.

Menyendiri Untuk Melamun

11 Cara Menemukan Ide Menulis Cerpen

Aneh? Tidak kok. Sebagian penulis melakukan ini atau bahkan hampir semua begitu. Penulis melakukan hal ini karena butuh fokus mendapatkan ide. Terkadang kita melamun saat sedang sibuk. Padahal melamun yang baik saat kita sedang ingin dan tidak banyak kegiatan. Ubahlah energi melamun itu menjadi produktif dengan menulis cerpen. Cobalah ke kafe kopi, perpustakaan kota, dengan membawa buku saku. Menikmati kesendirian bisa membuat pikiran kita lebih fokus memikirkan apa yang sudah kita lewati begitu saja. Sederhana memang tapi jarang ada yang mau melakukannya karena dianggap aneh dan kurang kerjaan. Padahal melakukan hal ini cukup efektif mendatangkan ide-ide untuk menulis cerpenmu

Nah, dari kesebelas cara ini, cobalah satu persatu secara perlahan. Pilih mana yang paling kamu sukai dan paling mudah untuk dilakukan. Pilih yang paling memungkinkan dan tidak memberatkan. Ingat, buku saku sangat penting untuk dimiliki dan catat apapun yang kamu pikiran mengenai ide cerpen. Tidak perlu memikirkan apakah ceritamu itu akan bagus atau tidak. Akan disukai atau tidak. Ide cerita yang menarik adalah saat telah menjadi sebuah cerita. Jadi, dapatkan idemu segera, tulis segera, dan selesaikan segera.

Artikel Terkait

This Is The Oldest Page


EmoticonEmoticon