Senin, 29 Agustus 2016

5 Refensi Website Untuk Penulis Pemula

Tags

5 Refensi Website Untuk Penulis Pemula

Setelah anda mempelajari tentang cara menulis cerpen, marilah kita mendalami lebih jauh agar anda dapat menulis cerpen dengan baik. Dari mana kita bisa belajar menulis? Banyak sumbernya. Dari buku dan internet tentunya. Hanya saja, sudah banyak orang yang enggan membaca buku. Selain harga yang tidak murah, juga memakan tempat untuk menyimpannya. Sekarang ini banyak orang lebih memilih belajar apapun melalui internet. Begitu juga dengan belajar menulis.

Untuk penulis pemula, disarankan banyak membaca. Untuk membaca novel sebenarnya di internet kurang tepat. Menyebabkan rasa lelah pada mata. Sehingga untuk penulis pemula disarankan membaca cerpen untuk referensi dari internet. Berikut ada 8 website yang bisa kamu jadikan referensi untuk belajar menulis fiksi. Bisa juga untuk mengumpulkan beberapa ide menarik seputar menulis.

Cerpenmu.Com


Website cerpenmu.com adalah website yang khusus menampung segala jenis cerpen. Website tersebut setidaknya telah memiliki puluhan judul cerpen. Keren. Salah satu website yang konsisten menampung aspirasi masyarakat Indonesia untuk tetap mengenalkan dunia sastra. Cerpenmu.com juga melakukan beberapa kompetisi seperti kompetisi bulanan berhadiah Rp 600.000 loh. Coba cek dan baca-baca cerpen disana ya.

Fiksi Lotus


Fiksilotus.com adalah website kumpulan cerpen klasik dari seluruh dunia. Bayangkan, kamu tidak perlu pusing mencari buku kumpulan cerpen klasik yang susah sekali didapatkan, di Fiksi Lotus, tersedia semua. Ada kisah momotaro dari Jepang juga loh disana. Fiksi klasik erat kaitannya dengan sastra. Beberapa cerpen modern seperti sekarang ini tidak menggunakan aturan-aturan sastra lama. Sehingga untuk membuat cerpen seperti cerpen klasik cukup rumit. Jadikan saja referensi menarik karena dengan membaca cerpen klasik kita bisa mengetahui tentang seluruh dunia. Baik kejadian yang berlangsung saat itu, tokoh dan adat istiadat negara tertentu, hingga konflik yang diangkat. Bisa jadi riset untuk menulis cerpen atau novelmu juga.

Femina


Cerpen tidaklah pekerjaan laki-laki saja. Perempuan juga punya daya imajinasi kuat loh. Salah satu website referensi menarik untuk menambah wawasanmu seputar cerpen yang ditulis oleh para perempuan Indonesia ada di Femina.co.id. Bahkan kamu juga bisa menulis dan mengupload ceritamu di sana. Menulis tidak lagi butuh biaya banyak agar orang lain membaca ceritamu. Tidak harus menunggu jadi sebuah buku. Lewat internet dan media seperti Femina, karyamu bisa dibaca banyak orang. Ayo, kamu perempuan Indonesia, mari menulis!

Storial


Ah, salah satu website ini menjadi rujukan utama saya. Ya, storial.co! Banyak sekali kategori tulisan disana selain cerpen. Kenapa saya memilih storial? Formatnya seperti WattPad. Artinya, mirip sosial media. Sehingga kamu bisa up-to-date terhadap karya cerpen yang telah ditulis oleh banyak orang. Tidak hanya itu. Penulis terkenal seperti Aditia Yudis dan Okke Sepatu Merah juga menulis disana loh. Storial tempat yang tepat untuk kamu menulis juga mendapatkan referensi, kritik, dan saran. Sehingga belajar menulismu bisa segera berkembang menjadi lebih baik.

WattPad


Kenapa saya tidak menyarankan WattPad sepenuhnya? Begini, banyak tulisan di WattPad yang mendapatkan jumlah pembaca hingga jutaan namun tidak sepenuhnya berasal dari negara yang sama. Banyak cerpen bagus di WattPad berbahasa Indonesia yang juga dibaca oleh orang luar negeri. Entah mereka paham bahasa kita atau tidak mengakibatkan tidak begitu objektif. Kemudian panelnya cukup sulit untuk menemukan cerita berbahasa Indonesia. Kamu setidaknya harus mencari di kotak pencarian dengan kata kunci, "indonesia" atau "cerpen". Walaupun begitu, WattPad tetap bisa menjadi bahan referensi membacamu.

5 Refensi Website Untuk Penulis Pemula

Kamu punya website referensi lainnya? Silahkan tinggalkan di komentar ya. Berbagi manfaat itu indah. Mari bersama menulis dan kembangkan dunia tulis menulis Indonesia hingga ke seluruh dunia.

Artikel Terkait


EmoticonEmoticon