Selasa, 13 September 2016

17 Kalimat Pembuka Fiksi Cinta

Tags

17 Kalimat Pembuka Fiksi Cinta

Hai, selamat datang lagi di blog fiksipagi.com ini ya. Semoga kamu tidak bosan-bosan untuk terus belajar fiksi ya. Entah itu untuk membuat cerpen atau novel. Mungkin ada diantara kalian yang bertanya, mengapa saya tidak membahas tentang puisi atau flash fiction? Alasannya mudah, kedua sastra tersebut terlalu masuk ke ranah pribadi. Bisa, tetapi tidak semua orang mampu memahami dan menikmati puisi dan flash fiction. Akan sangat sayang jika tutorial tersebut dibahas namun tidak juga kamu mampu menuliskannya. Setidaknya berikut ada 21 kalimat pembuka untuk fiksi cinta baik untuk cerpen dan novel yang bisa kamu gunakan. Kalimat pembuka ini saya buat sendiri jadi tidak kamu temukan di buku-buku yang ada. Jika kemiripan terjadi, itu tidak sengaja. Maklum kata-kata cinta ya itu-itu saja. Yuk, langsung saja.

1. Ada taburan sakura yang turun sederas hujan dan wajahmu tetap tergambar di awan-awan saat aku memandang kepedihan karena mencampakkanmu di sabtu tahun lalu.

2. "Aku pulang, jaga dirimu baik-baik ya," pesan yang selalu mampir di pagi hari dengan kopi pahit yang menemaniku dan mengajakku mengingat betapa indahnya pelukanmu untuk terakhir kali itu.

3. Aku tercengang menatapmu lekat dan pekat diantara wewangian malam yang seharusnya menjadi milik kita berdua, nyata senyum itu bukan untukku.

4. Sedikit saja waktu itu terlambat, mungkin kita tak pernah ditakdirkan bersama, sayang, percayalah, wajahku tetaplah ini, bukan yang itu, bukan pula tentang dirinya.
 
5. Nia membolak-balikkan halaman demi halaman buku diari yang masih menyimpan berjuta-juta kenangan manis tentang cubitan di pipi, tentang usapan rambut, tentang nada-nada indah nyanyian gitar bersama Radit.

6.  Mengenakan cardigan hijau lumut itu di sela-sela dinginnya AC dan hawa hujan diluar kantor, Cyntia memandangi foto yang terbingkai di atas meja kerjakanya dengan senyum terpedih hari ini.

7. Kuusap sepatu pantovel hingga mengkilap, sayangnya ini bukan milikku, ini milik Ayah dari hari ulang tahun pernikahannya bersama Ibu yang tak pernah lagi kupeluk tubuh gagahnya.

8. Dengan gagah dirinya menghampiriku membawa seikat bunga mawar merah dengan sedikit berlari namun cepat kusadari itu semua hanyalah mimpi di siangku yang sial.

9. Wajah cerianya mirip denganmu sayang, dirinya berlari menabrakku lalu memelukku, ingatkah dirimu bahwa buah hati kita telah tumbuh dewasa? Semoga engkau bahagia di surga.

10.  Angin berhasil membawamu berlari bersamanya namun aku tertinggal disini dengan janji-janji palsu yang pernah kau umbar hingga aku menangis sejadi-jadinya.

11. Sejenak saja, aku meminta untuk memejamkan mata di insomnia tepat jam 3 pagi dengan bayang-bayang dirimu yang selalu menghantuiku kini.

12.  "Dek, sudah malam, jangan jingkrak-jingkrak," Ibu menegurku lantaran kamarku berada di lantai dua sedangkan hatiku senang sekali menerima pesan darinya yang menerima cintaku cuma-cuma.

13. Dua belas tahun kita tak bertemu dan sekarang dirimu begitu berbeda, begitu menggoda, sayang aku melewatkanmu waktu itu itu.

14. Sore di kota tua, ragam orang-orang berhias membuat mereka berwarna-warni dan aku menyaksikannya sembari menutupi topeng kesedihanku atas kepulangan dirimu.

15. Cerita tentang sang merpati yang kan kembali pulang pada tuannya walau susah payah cinta dikejarnya dia tahu itu semua palsu, semua hanya permainan tuannya saja.

16. Sedetik berlalu, embun dingin merasuk dengan ragu, kau membelaiku dengan jaket tebal itu dan menghangatkanku, aku memejam dan berdoa, semoga waktu-waktu ini tidak cepat berlari begitu saja.

17.  Tepat usai sepulang sekolah, kau sengaja memanggilku di kelas yang lengang dan aku menghampirimu sembari berkata, "maaf aku tak bisa menerima semua maksud hatimu."

Dari ketujuh belas kalimat pembuka fiksi cinta diatas memang tidaklah sehebat novel-novel atau cerpen yang sudah kamu baca. Namun bukan berarti tidak bisa kamu gunakan untuk menghiasi kebuntuan penulisan ceritamu loh. Kalimat-kalimat diatas bebas kamu copy dan paste ke tulisanmu. Buatlah lanjutan cerita yang menarik tentang cinta disana. Entah itu tentang cinta yang berakhir bahagia atau malah sebaliknya tentang cinta yang berakhir kesedihan. Semoga ini bisa menjadi tutorial menulismu ya, tetaplah menulis.

Artikel Terkait


EmoticonEmoticon