Minggu, 04 September 2016

5 Musik Ini Membuatmu Fokus Menulis

5 Musik Ini Membuatmu Fokus Menulis


Saya yakin sekali, kamu sudah memulai untuk menulis. Dengan tutorial yang sudah saya bagi sebelumnya, tidaklah sulit untuk memulai dan mengakhiri sebuah tulisan. Apapun cerita yang sedang kamu kerjakan, baik fiksi cerpen atau pun novel, pasti membuatmu takjub dan percaya diri bahwa kamu juga bisa menjadi penulis. Namun tentu semua penulis selalu menghadapi masalah yang sama setiap kali menulis cerita. Beberapa sulit karena mengalami sindrom kertas putih (blank/kosong ide sulit memulai menulis). Beberapa sulit karena plot cerita dirasa terlalu mudah ditebak dan standar. Beberapa lainnya merasa karakter pada tokoh-tokoh dalam cerita tidaklah menarik. Berikut ada 5 musik dari berbagai website berdasarkan jenisnya yang bisa membuatmu untuk terus fokus menulis.

Soundrown


Website ini memang tidak menyediakan musik dari penyanyi kesukaanmu. Tetapi menghadirkan beberapa musik yang berkaitan langsung dengan alam. Seperti suara hujan turun, suara orang mengobrol di kafe kopi, suara ombak laut, suara api unggun, suara burung berkicau, suara jangkrik di malam hari, suara kereta api pada relnya, suara air terjun, suara televisi bersemut (tidak ada siaran maksudnya) dan suara taman bermain anak-anak. Uniknya, setiap suara tidak hanya bisa diputar satu demi satu. Tapi bisa digabungkan beberapa sekaligus. Kamu bisa mencoba dengan mengunjungi Soundrown untuk menemukan jenis suara apa yang cocok dengan mood dan kondisi lingkungan menulismu.

Musik Meditasi


Youtube sudah menjadi hal yang menarik untuk kita bahas sehari-hari. Selalu ada channel menarik yang bisa membantu dalam masalah sehari-harimu. Salah satunya adalah channel musik meditasi. Channel ini bernama The Honest Guy. Salah satu musiknya berdurasi 3 jam dan ditonton hingga 50 juta kali. Benar-benar lama. Kumpulan dari berbagai instrumen alat musik serta suara alam yang digabungkan menjadi perpaduan yang santai untuk didengar dan rileks. Oh, jangan lupa ya untuk tetap terjaga. Beberapa musik di channel tersebut mampu membuatmu mengantuk. Tapi tetap saja, jenis musik meditasi mampu untuk mendatangkan inspirasi menulismu.


Audio Library - No Copyright Music


Ada jenis musik yang sering kita dengan di presentasi? Nah ini salah satu jenisnya yaitu backsound musik. Jenis musik sebagai latar presentasi berupa powerpoint ataupun video. Jenis musik ini memang tidaklah lama durasinya. Setidaknya kurang dari 5 menit. Namun jika kamu putar secara otomatis, bisa berdurasi berjam-jam. Jenis musik ini banyak yang bertema kegembiraan. Cocok bagimu yang sedang buntu ide menulis karena hari yang kamu jalani tidak seperti yang kamu rencanakan. Cobalah memainkan musik dari Audio Library dan dapatkan berbagai macam ide dan semangat baru untuk memulai menulis.

Study Music Project


Musik dengan alunan tidak menyentak memang cocok untuk membuat seseorang fokus pada apapun. Setidaknya, musik tersebut tidak memaksa otak berpikir akan liriknya dan juga nadanya. Selain itu juga tidak membuat telinga sakit karena ritme yang membuat jantung berdegub kencang. Musik ini dimainkan dengan piano full hingga berjam-jam. Nada-nada dan alunan yang menarik sudah dirancang sedemikian rupa hingga kamu tidak perlu khawatir harus mencari-cari musik lagi untuk membuatmu fokus menulis. Study Music Project cocok untuk kamu yang ingin mencari suasana hati dan menumpahkannya dalam bentuk karya fiksi. Salah satu musiknya berdurasi 2 jam telah ditonton sebanyak 14 juta kali.

Musik Kesukaanmu Sendiri


Tidak lain dan tidak bukan yang terakhir adalah musik kesukaanmu sendiri. Entah itu musik sedih, musik rock, jazz, apapun yang memang kamu sukai, maka dengarkanlah untuk membantu otak kembali fokus dan segera menuliskan apapun dalam fiksimu. Abaikan tokoh utama yang selalu ingin kamu ganti karakternya ataupun namanya. Abaikan plot cerita yang kamu anggap biasa saja. Abaikan kalimat pertama dan paragraf pertama sebagai pembuka yang kamu rasa tidak hebat itu. Dengarkan musikmu sendiri, dan menulislah segera.

5 Musik Ini Membuatmu Fokus Menulis

Yups, informasi menarik ini semoga membantumu fokus menulis ya. Oia, jangan lupa semua musik diatas menggunakan koneksi internet. Diharapkan kamu memiliki koneksi internet yang stabil sekaligus kuota yang tercukupi. Jika tidak, sayang sekali, musik diatas belum bisa kamu dengarkan.

Artikel Terkait


EmoticonEmoticon