Minggu, 06 November 2016

Membuat Cerpen dari Foto yang Ampuh

Tags

Membuat Cerpen dari Foto yang Ampuh

Masih kesulitan dalam membuat sebuah cerita pendek? Atau ingin mengawali paragraf novel yang baik tapi masih bingung? Seperti yang pernah saya bagikan di sini, maaf tidak sering update, tetapi beberapa tutorial tentang menulis cerpen sudah saya bagikan dan harusnya, kamu sudah bisa membuat satu cerpen.

Sudah lihat foto diatas? Ada seseorang yang berjalan sendirian, dengan foto yang kabur/tidak jelas, tetapi bisa menjadi awal kita untuk menuliskan sebuah paragraf. Bahkan jika kreatif dan mau tidak menyerah, kamu bisa menyelesaikan satu cerpen dari foto diatas dalam satu hari. Kebanyakan dari kamu bingung mencari foto mana yang tepat untuk menjadi sumber ide cerpen. Saya akan memberi sumbernya.

Silahkan cek website >> UNSPLASH << yang mana website tersebut menyediakan banyak sekali foto yang bisa digunakan secara gratis. Yup gratis. Artinya tetap harus ada link yang menuju ke website tersebut. Tapi jika pun tidak ada juga tidak masalah. Bahkan foto-foto keren yang ada di sana bisa diambil, diedit, untuk keperluan komersial sekali pun. Seperti untuk foto iklan produk di baliho misalnya (kalau resolusinya cukup tentunya).

Lalu cerpen seperti apa yang bisa dibuat? Banyak. Dari yang kisah romantis sampai kisah yang tragis. Bahkan beberapa foto yang disediakan di sana diambil oleh para fotografer dari seluruh dunia. Semisal kamu ingin mencari tentang Moskow, Russia, kamu tinggal mencari di kotak pencariannya. Bahkan bisa juga mencari kata-kata sifat seperti tersenyum, sedih, tertawa, dan lainnya. Cari dengan bahasa Inggris ya. Misalkan kita akan cari dengan kata kunci sedih berarti "sad". Lihat foto di bawah ini.

Membuat Cerpen dari Foto yang Ampuh

Coba buat cerita berdasarkan perempuan yang melihat di cermin itu namun wajahnya yang ditutupi dengan sejenis bekas sabun atau odol. Saya akan mencoba membuat satu paragraf tentang foto diatas.

Muak. Terlontar begitu saja tepat saat aku harus menahan tangis yang akan tumpah. Celaan dan caci maki dari kantor oleh atasanku telah menggoreskan luka di hati. Pikiranku menerawang ke segala arah. Tak tentu tujuan. Benarkah aku sebodoh itu? Hingga kukaburkan wajahku yang terpantul di cermin. Kedua tanganku masih memegang tepi wastafel, air dari keran yang membanjiri kamar mandi apartementku. Aku mencoba mengatur nafas. Sekilas setan membisikkan rayuannya. "Bunuh saja atasan goblokmu itu!" Aku terkesiap. Tidak percaya ide gila itu bisa muncul.

Ampuh bukan? Ide tulisanmu akan lebih segar tentunya dengan cara ide. Bahkan kamu tidak harus menyebutkan hal dalam foto di cerpen. Foto itu tujuannya untuk membuatmu bisa menarik ide yang awalnya kamu kesulitan mendapatkannya. Tidak perlu pusing, coba saja dan kamu akan terkejut bahwa cara sederhana ini bisa dipakai. Kamu tidak harus pergi keluar kamarmu, berkeliling Indonesia untuk mencari sumber foto yang bagus. Di Unsplash kamu bisa mendapatkan banyak sekali.

Jika sudah terbiasa, maka saya yakin kamu akan tertarik untuk membuat banyak sekali cerpen berdasarkan sebuah foto. Jika diluar negeri dikenal dengan graphic novel atau novel yang ada ilustrasinya. Walau tidak benar-benar sama apa yang kita lakukan, tetapi setidaknya cukup kan untuk bisa terus menggenjot ide yang buntu untuk membuat sebuah cerpen atau novel. Selamat bereksperimen ya. Semoga dengan ini kamu bisa menghasilkan banyak sekali cerpen.

Artikel Terkait


EmoticonEmoticon