Jumat, 27 Oktober 2017

Ide Menulis Cerpen Dari Merangkum Film Pendek

Tags

Film Pendek via unsplash

Bagaimana kabarnya? Semoga baik ya. Oia, saya yakin kamu sudah baca di blog ini mengenai, 11 cara menemukan ide menulis cerpen. Kali ini saya akan berbagi tips untuk menemukan lebih banyak lagi ide menulis cerpen. Caranya? Mudah kok. Biayanya cuma waktu dan kuota internet aja. Tidak perlu sampai jalan-jalan atau traveling. Tidak perlu juga sampai membeli buku-buku baru. Yaitu, merangkum film pendek.

Film pendek atau short movie sekarang ini lebih mudah kita akses melalui internet. Dulu itu sulit sekali. Karena bioskop masih sedikit dan juga film pendek lebih banyak diputar di perkumpulan pecinta film. Sekarang sudah mudah. Caranya, kamu tinggal ketikkan saja di Youtube, "short movie", maka kamu akan mendapatkan jutaan hasil yang bisa kamu tonton. Kali ini kita akan membedah caranya.

Pertama, Jangan Lupakan Premisnya Bang Raditya Dika.


Raditya Dika emang bukan yang pertama mencetuskan bahwa menulis itu harus memiliki nilai premis yang menjual. Karena dalam perfilman itu sudah hal umum. Tidak banyak diketahui orang karena dianggap itu hal yang wajar. Bukan hal yang spesial. Tapi lebih menariknya, dulu itu hanya untuk film dan sekarang bisa untuk menulis cerpen. Kok bisa?

Dulu, cerpen memang terkesan khas wilayah sastra. Sekarang, cerpen juga sudah masuk budaya baru. Tidak rumit intrik dan polemiknya, tidak banyak hal yang membuat rumit dipahami pembaca, dan lebih pada mengedepankan cerita beralur yang keren ketimbang nilai sastra itu sendiri. Coba cek film pendek dibawah ini ya.


Apa yang bisa kamu rangkum dari film pendek itu? Ingat, pakai premis ya. Sekarang kita coba. Karakter utama adalah malaikat kematian yang mana mengalami hidup layaknya manusia, keinginannya adalah untuk bisa hidup sesuai keinginannya, bebas, tanpa beban, bersenang-senang, tapi ternyata dia mengalami masalah yaitu, dia sendiri mengalami kematian. Bagaimanakah solusinya?

Karena ini film pendek dan kita sudah berhasil mendapatkan premisnya, maka bisa kita buat untuk cerita kita sendiri. Dengan karakter yang cukup unik layaknya malaikat kematian dalam film pendek itu. Seperti superhero misalnya. Perjalanan spiderman yang keinginannya bisa meloncat bebas dari gedung satu ke gedung lain menyelamatkan orang lain tapi malah kena tegur orang lain yang ingin dia selamatkan karena meloncat-loncat antar gedung itu juga membahayakan orang lain. Aneh ya? Tapi bisa jadi cerita kan?

Misalnya lagi, premisnya adalah seorang psikopat yang membunuh bebas dari penjara lalu dia ingin kembali menjadi psikopat. Tapi nyatanya, setelah keluar dari penjara, psikopat bukanlah hal yang asing lagi. Malah jadi pekerjaan dan dibuka lowongannya. Lah, malah tambah aneh nanti ceritanya kan? Tapi ini sudah termasuk ide menulis untuk cerpen. Coba cari film pendek lainnya dan rangkum serta simpulkan apa premis yang bisa kamu dapati.


Kedua, Gabungkan Inti Dua Film Pendek Menjadi Satu Ide Baru


Setelah menonton film pendek diatas, saya coba hadirkan film pendek dibawah ini. Silahkan ditonton dulu. 


Premisnya, seorang pria dewasa menginginkan dia bisa bicara dengan orang lain di dunia ini namun kenyataannya, manusia telah punah dan menyisakan dia sendiri sampai akhirnya dia berhasil menemukan tanda-tanda kehidupan manusia lain setelah melakukan perjalanan dari satu kota ke kota yang lain.

Jika kamu menggabungkan inti cerita dalam film pendek pertama dan kedua, kamu bisa mendapatkan ide menulis cerpen yang baru. Apa itu? Seperti ini.

Malaikat maut merasa kesepian karena setelah manusia mengalami kepunahan dari muka bumi, dirinya menjadi kehilangan pekerjaan hingga akhirnya dia menemukan tanda-tanda kehadiran sisa manusia dan menjadi stalker atas manusia tersebut agar dia tetap bisa bekerja dan tidak merasa bosan.

 Agak gila ya ide ceritanya? Tapi maknyus kan untuk dicoba? Silahkan. Kamu bisa pakai premis yang sudah saya buat untuk ceritamu sendiri. Berbagi premis atau ide menulis juga tidak ada ruginya. Karena setiap orang bahkan dengan premis yang sama sekali pun tetap akan menghasilkan keseluruhan cerita yang berbeda.

Apalagi kalau untuk cerpen. Dengan jumlah kata hingga 2000 dalam satu cerpen sekali pun tetap menarik. Singkat, padat, jelas. Bahkan kalau kamu mau dan berani, bisa menggabungkan beberapa ide menulis dari 3-5 film pendek yang sudah kamu tonton. Kenapa tidak merangkum dari film biasa atau drama atau anime sekalipun? Karena untuk kecepatan waktu.

Film pendek sudah dipastikan bahwa dalam film itu, penonton dipaksa mencari tahu apa pesan yang ingin disampaikan oleh penulis naskahnya. Dengan durasi film pendek yang juga singkat, 5-10 menit saja, kita bisa bermain-main dengan imajinasi. Jika langsung merangkum dari film normal berdurasi 1-2 jam, kita sendiri jelas akan bingung mau ditonjolkan ceritanya yang mana. Ini untuk pemula ya. Untuk kamu yang sudah pernah menulis cerpen, novel yang sudah jadi buku, cara ini mungkin klasik.

Tapi patut untuk dicoba loh. Yuk dicoba. Oia, kalau kamu belum sempat baca artikel sebelum ini, yaitu tips menulis berawal dari premis ala radityadika, bisa di cek dilink yang sudah saya beri barusan.

Artikel Terkait

This Is The Newest Post


EmoticonEmoticon